Selasa, 31 Mei 2016

Pilih Soundcard Jenis Apa?


            Sebelum kita memulai merekam suatu instrument atau vocal, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu soundcard mana yang akan kita gunakan, jangan pernah takut untuk mencari reference soundcard yang terbaik untuk anda, pilih sesuai bajet dan kebutuhan anda. Soundcard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara.  Sebenarnya dalam PC anda sudah terdapat soundcard, atau yang biasa kita sebut soundcard onboard, nah kalau dilihat dari cara pemasanganya, soundcard dibagi menjadi 3, yaitu:

   1.     Soundcard onboard, yaitu soundcard yang menempel langsung pada   motherboard komputer.






    2.      Soundcard offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot    ISA/PCI pada motherboard. Soundcard tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Biasa digunakan untuk bermain game berat atau untuk recording, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat, namun di era yang modern ini, soundcard offboard sudah jarang digunakan, karena dilihat dari kepraktisan dan kualitas sudah kurang diminati.
    3.      Soundcard external, adalah soundcard yang penggunaannya  disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire. Soundcard ini soundcard model terbaru, pemasangannya seperti USB, banyak keungggulan dari sound card ini dari kualitas suara hingga hardwarenya lebih menarik. Soundcard external sangat cocok untuk recording, mulai dari kelas pemula sampai professional. 

Nah bagi sobat noegrahas setelah kita mengetahui pengertian dari masing-masing soundcard beserta keunggulan dan kelebihanya, sobat pasti bisa menebak soundcard mana yang cocok untuk recording, yups soundcard eksternal adalah pilihan yang tepat untuk sobat. Untuk harga sangat bervariasi sobat, mulai dari se-jutaan sampai puluhan juta, untuk soundcard mana yang bagus, kalo menurut saya sih tergantung bajet dan kebutuhan anda. Hal-hal yang membedakan antara soundcard onboard dan eksternal adalah dilihat dari tingkat latency nya dan juga dari bit epth dan sample rate yang dihasilkan (akan kita bahas di next time tentang latency, bit depth dan sample rate). Penjelasan lebih dalam tentang soundcard eksternal akan kita bahas di lain kesempatan,..terima kasih sudah berkunjung.




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews

Find Us On Facebook

Popular Posts

Pages

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts