Kamis, 26 November 2015

Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Home Recording Sederhana



Komputer
Yang paling utama dalam memulai membuat home recording adalah harus punya dulu sebuah Laptop atau PC. Usahakan memiliki spesifikasi minimal proccesor lebi dari sati inti (dual core), RAM minimal 2GB, monitor 14 inchi, memang si spesifikasi dibawah itu masih bisa di gunakan, tapi hal itu bisa mengganggu kerja kita. Optimalkan RAM sebanyak-banyaknya, karena software home recording akan memakan memori cukup banyak. Dan jangan lupa pilih hardisk yang chacenya gede dan ukuran besar. Nah jaman sekarang semua sudah serba digital, mulai dari tunner, pemilihan fx guitar maupun bass, drum, editing, mixing, mastering kita lakukannya dengan bantuan komputer. Oleh karena itu alangkah baiknya bila komputer yang digunakan memiliki spek yang baik. 

Microphone
Mikrofon mungkin komponen yang paling penting dari home studio karena seluruh titik studio ini untuk merekam audio. Sebuah home recording studio yang murah dapat dikelola dengan hanya mikrofon tunggal jika diperlukan. Jika Anda hanya membeli 1 mic, pastikan untuk memilih mic yang dinamis. Jenis konstruksi lebih kuat dan serbaguna yang dapat digunakan untuk vokal dan instrumen. memang si alangkah baiknya kita juga mempersiapkan mic condenser untuk vokal, lebih jelasnya mengapa kita membutuhhkan mic condenser akan saya bahas di postingan berikutnya. Dan jangan lupa beli stand mic sama pop filternya juga.

Audio Interface
Audio Interface adalah bagian dari hardware yang menggantikan sound card komputer Anda dan memungkinkan Anda untuk menghubungkan instrumen Anda dan mikrofon ke komputer Anda melalui mixer. Ini adalah alat yang sangat dibutuhkan untuk membuat digital home recording.
Pastikan Audio Interface Anda minimal memiliki 2 input dan 2 output. Ini akan memungkinkan Anda untuk merekam dalam stereo . banyak beredar audio interface dengan harga terjangkau tapi memiliki kualitas prima.

DAW Software
Digital Audio Workstation (DAW) bisa dibilang adalah software untuk recording. Sudah pernah saya bahas sebelumnya macam DAW yang umum digunakan oleh sound engeneering, untuk masalah yang paling baik saya rasa baik semua, tergantung selera kita, kenyamanan kita, dan bagaimana kita bisa memaksimalkanya.

Studio Monitors Dan Head Phone
Speaker yang Anda gunakan untuk mendengarkan mix kita selama editing disebut studio monitor (kadang-kadang disebut sebagai reference speakers). Studio monitor berbeda dari speaker multimedia karena mereka digunakan untuk memberikan respon frekuensi yang datar sempurna. Ini berarti bahwa Anda mendengar rekaman Anda persis seperti yang ada secara digital, tanpa penyesuaian frekuensi. Kita harus mengetahui bahwa speaker multimedia tidak menghasilkan suara yang "jujur" karena dalam mix sebuah lagu kita membutuhkan speaker dengan suara yang murni tanpa adanya boosting dari sebuah speaker.
Harga speaker monitaor mahal? emang hehe, tapi tenang saja, kita bisa ko menggunakan headphone monitor, selain harga lebih murah, kita juga tidak akan mengganggu tetangga kita, memang menggunakan headphone tidak sebagus menggunakan speaker, tetatpi setidaknya kita masih bisa nge "mix".

Instrumen
Instrumen berupa gitar, bass, keyboard.Untuk drume kalau misal belum mampu beli tenang aja sobat, banyak ko Vsti drume yang oke punya seperti Superior Drummer, Ez Drummer, dll. bahkan Vsti tersebut susah di bedakan dengan drum asli ( tentunya tergantung kita yang membuat midi pattern nya). Kalau keyboard saya sarankan biar ngirit sobat bisa beli keyboard controller, harga paling murah sekitar sejuta-an ko, murah kan? enaknya lagi kita bisa merekam dengan bentuk midi jadi lebih flexible, untuk samp-le instruments saya rasa banyak sekali, mulai dari yang gratis sampai berbayar, kalau saya sih milih yang gratis :D

Demikian tulisan saya kali ini, terima Kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews

Find Us On Facebook

Popular Posts

Pages

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts