Sabtu, 28 Mei 2016

Langkah-Langkah Produksi Musik

Selamat siang sobat Noegrahas, dipagi yang cerah ini saya akan sedikit curhat, hihi ada yang mau mendengarkan? kayaknya enggak deh..Baik setelah sekian lama tidak posting di blog kesayanganku ini karena sok sibuk, maklum lagi banyak target kerjaan dan masih banyak kegiatanku di dunia nyata..(curhatnya sedikit kan? :D)
Baik kemari saya sudah posting peralatan apa saja yang digunakan dalam mixing atau produksi lagu, sekarang waktunya kita capcus memproduksi lagu yuk, tapi sebelum sobat memulai alangkah baiknya mempelajari langkah-langkahnya dulu, ini dia:

1.      Record /take instrument dan vokal
Ini adalah langkah utama dalam produksi sebuah lagu, karena jika kita melakukan kesalahan dalam langkah ini, dijamin hasil akhir tidak akan maksimal, makanya sobat harus berhati hati dalam langkah ini, untuk tips dalam take instrument dan vokal akan saya bahas secara mendetail di lain waktu ya.
2.      Editng
Nah ini juga gak kalah pentingnya sama langkah pertama, editing adalah langkah untuk mendukung atau menyemprnakan hasil record, seperti edit picth vokal yang fals, ketukan yang tidak pas, fade out, fade in,dll. Makanya saat lagu sudah fix terkesan sempurna, itulah rahasianya.
3.      Mixing
Dalam langkah i9ni terdapat beberapa kegiatan, diantaranya yaitu balancing dan paning. Banlancing yaitu suatu kegiatan untuk mengatur level masing-masing track agar terdengar pas dan enak di telinga, dalam hal ini kita bisa mengatur EQ, reverb, delay, compressor, dll. kemudian paning adalah kegiatan dimana kita mengatur bunyi track di sebelah kanan atau kiri, misal biasanya kita menaruh track cymbal pada canel kiri 50%-80%.
4.      Mastering
Mastering adalah langkah akhir dalam memproduksi sebuah lagu, ya sepertinya terdengar mudah, tapi juga sangat penting dan mempengaruhi hasil akhir (iyalah namanya juga mastering). Dalam langkah ini pada umumnya kita akan mengatur EQ, compresor, Limiter, agar terdengar enak dan minimalnya mirip dengan produksi lagu pada umumnya.

Seperti itulah penjelas singkat tentang langkah-langkah dalam memproduksi sebuah lagu, semoga bermanfaat, tunggu di next post ya, salam noegrahas.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews

Find Us On Facebook

Popular Posts

Pages

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts