Senin, 16 November 2015

Software Yang Dibutuhkan Dalam Mixing

Sebelum anda mulai mixing anda juga perlu tau neh apa aja software software yang dibutuhkan dalam mixing, berikut adalah software yang dibutuhkan dalam proses mixing:

1. DAW
DAW adalah kependekan dari Digital Audio Workstation atau lebih dikenal dengan software multitrack recording audio. Multitrack Recording adalah sebuah metode rekaman suara yang memungkinkan untuk merekam secara terpisah beberapa sumber suara secara bersamaan.
Untuk DAW, pilih salah satu saja yang anda anggap mudah untuk dimengerti. Jangan pakai semua, karena software-software tersebut hampir mempunyai fungsi yang sama, dan hanya interface nya yang membedakannya. Dan yang paling penting, software-software tersebut mempunyai tugas utama yaitu merekam audio. contok DAW yang biasa digunakan yaitu Cubase, Nuendo, Protools, CoolEdit, Cakewalk Sonar, FL Studio, Studio One, Reaper.

2. PLUGINS FX (VST, DX, dan RTAS)
Plugins iniadalah aplikasi pihak ketiga yang bisa di tambahkan ke DAW yang mendukung, terdapat banyak macam plugins, untuk lebih elasnya akan saya jelaskan di next post :D. nah kalo plugin FX seperti Amplitube, Ampeg SVX, dan masih banyak lagi, besok kita bahas ya.

3. PLUGINS INSTRUMENT (VSTi, DXi, dan RTAS
Kegunaan plugins ini adalah untuk menggantikan suara instrument. Bisa menggunakan sampler maupun shynt yang mensimulasikan alat tertentu. Intrument-instrument nya adalah drum, bass, guitar, violin, brass, piano dan instrument-instrument lainnya. Nah plugin intrument ini sangat berguna neh bagi kita yang masih belum mampu beli instrument sungguhan, kaya yang nulis juga iya :D, karena plugin ini dapat meniru suara suara instrument seperti suara drum, gitar, bass, biola, trumpet, dll.

Alhamdulillah akhirnya selesai juga tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa rajin berkunjung di blog ala kadarnya ini untuk mendapatkan info info menarik dan tutorial musik lainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews

Find Us On Facebook

Popular Posts

Pages

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts